Jumat, 10 Mei 2013

OPINI


OPINI

Menurut saya, pembelajaran softskill pada semester 4 ini sangat bermanfaat bagi saya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam materi pembelajaran softskill ini, memuat materi khususnya tentang kewirausahaan. Dari hal tersebut memberikan pembelajaran yang sangat berharga dan memacu kita sebagai anak muda untuk merubah diri dan semangat menjadi seorang wirausaha sejak dini.
                Dengan penyampaian yang mudah diterima oleh mahasiswa, kata-kata yang mampu memberikan semangat khusus bagi mahasiswanya, menjadikan forum ini memberikan energi khusus untuk merubah pola pikir mahasiswa yang merupakan generasi muda saat ini agar mampu bersaing dalam era globalisasi untuk tidak bergantung menjadi seorang karyawan tetapi menjadi enterpreneurship yang handal dibidangnya.
                Terlebih lagi ditahun 2015 nanti, Indonesia akan menghadapi ASEAN Community dimana persaingan bebas akan terjadi diruang lingkup kawasan Asia Tenggara. Persaingan bebas ini meliputi dari berbagai aspek, mulai dari perdagangan, persaingan dalam pencarian kerja, dimana yang notabene warga asing dari negara-negara Asia Tenggara bebas masuk, tinggal dan bekerja di negara-negara ASEAN termasuk Indonesia.
                Hal tersbut menjadikan peluang untuk berkarya di Perusahaan nanti akan mempersempit generasi kita karena persaingan sangat ketat dari negara-negara tersebut yang kemungkinan memiliki pendidikan yang jauh lebih tinggi dibandingkan generasi kita. Dan yang patut digarisbawahi oleh para mahasiswa dalam mencerna pembahasan dari materi softskill ini adalah dimana kita harus mempunyai bekal khusus untuk menghadapi ASEAN Community dan kita jangan berharap mampu bersaing nantinya, jika saat ini kita masih berpangku tangan dan tidak ada semangat untuk merubah pemikiran kita sedikit lebih maju dan lebih kreatif, misalnya dengan berwirausaha.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More