Jumat, 10 Mei 2013

Resume : Perilaku Konsumen


Resume : Perilaku Konsumen


Perilaku konsumen adalah pihak yang membeli atau pihak yang menggunakan barang dan jasa, konsumen merupakan pembahasan penting dalam manajemen pemasaran, konsumen tersebut dapat diartikan sebagai interaksi dinamis antara perilaku dan lingkungan.

Ada 4 macam factor perilaku konsumen yaitu :
  a. Faktor Pribadi
  b. Faktor Psikologi
  c. Faktor Budaya
  d. Faktor Sosial

Pada hasil presentasi kelompok 6 kemarin hal yang dapat disimpulkan adalah dalam perilaku konsumen kenapa faktor budaya lebih luas cakupannya dari pada faktor yang lainnya?
Jawab : Karena faktor budaya yang berpengaruh secara kuat pada perilaku konsumen dalam mengkonsumsi suatu produk atau jasa. Orang Indonesia itu sendiri bersifat latah atau konsumtif terhadap hal-hal yang mereka beli padahal belum tentu barang-barang tersebut berguna sekali. Pada hal inilah yang harusnya dikontrol untuk menyeimbangkan pendapatan.

Kemudian pada tingkat kebutuhan konsumen bias diukur dengan satuan ukur misalnya panjang, uang dsb,karena putusan untuk menggunakan suatu barang atau jasa harus dilakukan perbandingan antara manfaat yang didapat dengan biaya yang diminimalkan, misalnya seseorang yang ingin membeli handphone jika pembeli benar-benar ingin mendapatkan barang yang memuaskan atau sesuai dengan keinginan maka ia akan mencari tahu tentang keunggulan dan kekurangandari handphone itu sendiri dan yang terpenting harus menyesuaikan dengan biaya yang disediakan.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More