Perilaku konsumen adalah pihak yang
membeli atau pihak yang menggunakan barang dan jasa, konsumen merupakan
pembahasan penting dalam manajemen pemasaran, konsumen tersebut dapat diartikan
sebagai interaksi dinamis antara perilaku dan lingkungan.
Ada 4 macam factor perilaku konsumen yaitu :
a. Faktor Pribadi
b. Faktor Psikologi
c. Faktor Budaya
d. Faktor Sosial
Pada hasil presentasi kelompok 6 kemarin hal yang dapat disimpulkan adalah dalam perilaku konsumen kenapa faktor budaya lebih luas cakupannya dari pada faktor yang lainnya?
Ada 4 macam factor perilaku konsumen yaitu :
a. Faktor Pribadi
b. Faktor Psikologi
c. Faktor Budaya
d. Faktor Sosial
Pada hasil presentasi kelompok 6 kemarin hal yang dapat disimpulkan adalah dalam perilaku konsumen kenapa faktor budaya lebih luas cakupannya dari pada faktor yang lainnya?
Jawab : Karena faktor budaya yang
berpengaruh secara kuat pada perilaku konsumen dalam mengkonsumsi suatu produk
atau jasa. Orang Indonesia itu sendiri bersifat latah atau konsumtif terhadap
hal-hal yang mereka beli padahal belum tentu barang-barang tersebut berguna
sekali. Pada hal inilah yang harusnya dikontrol untuk menyeimbangkan
pendapatan.
Kemudian pada tingkat kebutuhan
konsumen bias diukur dengan satuan ukur misalnya panjang, uang dsb,karena
putusan untuk menggunakan suatu barang atau jasa harus dilakukan perbandingan
antara manfaat yang didapat dengan biaya yang diminimalkan, misalnya seseorang
yang ingin membeli handphone jika pembeli benar-benar ingin mendapatkan barang
yang memuaskan atau sesuai dengan keinginan maka ia akan mencari tahu tentang
keunggulan dan kekurangandari handphone itu sendiri dan yang terpenting harus
menyesuaikan dengan biaya yang disediakan.
0 komentar:
Posting Komentar