Jumat, 10 Mei 2013

Resume : Struktur Pasar


Resume : Struktur Pasar

Pasar adalah proses bertemunya interaksi antara penjual dan pembeli akan suatu barang atau jasa tertentu, yang dapat menetapkan harga keseimbangan serta jumlah barang yang diperdagangkan, yang akhirnya membentuk kesepakatan antara penjual dengan pembeli.

Pasar ada 2 yaitu:

1. Pasar Tradisional
    Sifat dari pasar tradisional yakni bersifat tradisional dimana penjual dengan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secara langsung. Barang yang dijual berupa kebutuhan pokok. Pasar tradisional biasa dikenal dengan bangunan seperti kios-kios, gerai atau lapak terbuka oleh penjual maupun pengelola pasar itu sendiri.

2. Pasar Modern
    Sifat dari pasar modern yakni barang yang diperjualbelikan itu bersifat modern, barang dijual dengan harga pas dengan layanan tersendiri, barang yang dijual biasanya mencantumkan label atau barcode. Tidak dapat melakukan transaksi tawar menawar karena harga barang sudah ditentukan oleh pengelola, serta pembeli dilayani oleh pramuniaga. Contoh pasar modern seperti minimarket, hypermart atau supermarket.

Macam Struktur Pasar yaitu :

1. Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna adalah bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana jumlah jumlah penjual dan pembeli sangat banyak dan tidak terbatas. Produknya pun bersifat homogen (produk sejenis).
Ciri-Cirinya :
- Jumlah perusahaan di pasar banyak.
- Homogen (produk sejenis).
- Konsumen paham keadaan pasar.
- Tidak memiliki hambatan bagi penjual.
- Pemerintah tidak ikut menentukan harga pasar.
- Penjual atau produsen berperan sebagai price taker.
- Harga barang sensitif berubah.
- Deman and supply.
  
2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna

A. Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah bentuk interaksi permintaan dan penawaran dimana hanya satu produsen yang mengusai terhadap permintaan konsumen. Pasar monopoli yang tidak dilarang yaitu Monopoli by Law, Monopoli by Nature, Monopoli by Lisence.

B. Pasar Monopolistik
Pasar monopolistik adalah bentuk pasar dimana produsen menghasilkan barang serupa namun tetap berbeda aspek. Dan juga memiliki sifat monopoli pada spesifikasi barangnya, sedangkan unsur persaingan terletak pada barang yang sejenis yang akan diperjualbelikan kepada konsumen.

C. Pasar Monopsoni
Pasar monopsoni adalah dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar komoditas.

D. Pasar Oligopoli
Pasar Oligopoli adalah dimana persaingan didominasi oleh produsen dalam satu wilayah pasar. Banyak hambatan untuk memasuki pasar ini. Harga sangat dipertimbangkan dengan para penjual yang lainnya.

E. Pasar Duopoli
Pasar duopoli adalah pasar dimana penawaran jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan.
Contohnya seperti Alfamart dan Indomart saling bersaing untuk mendapatkan brand tersendiri.






0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More